Sunday, November 30, 2008

Sosis

























Bikin Sosis inget masa kecil, waktu Omaku bikin sosis kecap ini, biasanya tugasku meletosin sosis sebelum di rebus, oma minta tolong untuk menusuk sosis dengan jarum sebelum sosisnya direbus, terus terang waktu itu saya nggak ngerti dan nggak nanya ngapain juga sosis di peletosin pake jarum, lah sekarang baru tau deh, ha,ha. Resep ini aku dapat dari liat blognya Ine , enak banget tapi sudah aku modifikasi, dan aku pake daging ayam karena, banyak temen yang nggak makan daging Bab karena minta yang Halal.


Ingredients:


1 Kg daging daging ayam, giling bersama lemak dan kulitnya
3 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok makan bawang putih goreng
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdm gula
2 sdm kecap asin
5 sdm kecap manis
1 btr telur
2 sdm tepung tapioka ( ini aku yang modifikasi)
1 1/2 sdm angkak gerus ( supaya sosisnya merah, aku yang modifikasi)

kuah:


kecap manis (rada banyak)
4 butir cengkeh
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam
gula

Directions:

- Haluskan bawang merah goreng dan bawang putih goreng, campurkan dengan daging giling bersama bumbu2 yang lainnya
.- Isikan pada casing sosis, ikat tiap sepanjang 10 cm dengan benang kasur.
- Rebus sosis hingga terendam dengan air hangat, dengan api kecil hingga matang.
- Kurangi sebagian airnya, tambahkan kecap manis, cengkeh, pala, merica, garam dan gula.- masak dengan api kecil.

No comments: