Thursday, November 5, 2009

Pastel rendang



Bikin ini kemarin enak banget, garing, semua orang suka,gorang dengan api sedang saja, supaya garingdan kelihatan lipatannya. Ambil resepnya dari sini.


modified by Camelia from Mom Elly's Fried Tart recipe


Bahan Isi Rendang :

300 gr daging sapi cincang
500 gr kentang, potong kotak, kukus hingga matang
1 bh bawang bombay besar, potong kotak
1 bungkus bumbu rendang instant (yang berbentuk pasta ya, bukan yang kering)
Air sesuai petunjuk bumbu
2 sdm margarine

Caranya :

Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga wangi lalu masukkan bumbu dan daging cincang. Aduk hingga daging setengah matang, tambahkan air. Masak hingga air berkurang, masukkan kentang, aduk rata. Beri garam (hati-hati karena ada bumbu rendang yang sudah asin dari "sono"-nya). Aduk berlahan agar kentang tidak hancur hingga mengering. Angkat, sisihkan dan biarkan dingin. Siap digunakan untuk isi pastel.


Bahan Kulit :

Adonan A :
125 gr tepung terigu
100 gr margarine (aku --> 80 gr margarine + 20 gr mentega)

Adonan B :
375 gr tepung terigu
100 ml minyak sayur
200 - 300 ml air dingin (sesuaikan dengan kebutuhan)
1/2 sdm garam
1 sdm gula

Caranya :

  • Adonan A : Campur semua bahan adonan A hingga menjadi adonan yang menyatu dan dapat di pulung. Sisihkan.
  • Adonan B : Dalam wadah, masukkan tepung, minyak sayur dan gula dan garam dengan sedikit air. Sambil diuleni, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis.
  • Bagi adonan A dan adonan B menjadi bulatan dengan jumlah yang sama (misalnya, adonan A ada 20, maka adonan B juga 20, sepasang gitu lhooo...).
  • Untuk 1 buah tarcis, ambil 1 bulatan adonan B, letakkan bulatan adonan A diatasnya, tutup. Lalu giling memanjang. Gulung. Putar kearah atas (90 derajat) lalu giling lagi, gulung (2 kali gulung yaaa). Belah menjadi dua. Ambil satu, lalu di giling tipis membulat. Giling yang sebelah lagi.
  • Ambil satu bagian kulit (ingat ya, yang kelihatan "swirl" nya disebelah luar), beri isi, lalu tutup dengan bagian kulit yang satu lagi. Bentuk pinggirannya (good luck deeh...*hihihi*).
  • Goreng dengan minyak panas, api sedang hingga kuning kecoklatan.

No comments: