Saturday, October 27, 2007

Lapis Surabaya




I made this cake today, I made only 1/5 of the recipe, the recipe is from Ine's blog ( wonderful blog).

I tweaked the recipe a bit because I want a higher cake but not using so much egg, I added 1 egg white ( beat until peak form) at the end. My lapis surabaya, don't have the chocolate layer cake in it as the usual one. Yummy, so soft.
Ingredients:
Bahan A:
350 gr butter di dinginkan dalam lemari es 1 sdm rhum bakar
50 gr susu kental manis
1 gr garam
Bahan B:
650 gr kuning telur
285 gr gula halus
Bahan C:
10 gr susu bubuk full cream
10 gr maizena
120 gr tepung terigu protein rendah/sedang
Bahan D:
1/2 sdm chocolate pasta
3 loyang 22X22X4 cm Pelapis,
150 gr dark cooking chocolate (versi asli pakai apricot jam)
Directions:
Bahan A:Butter di potong2, kocok 20 menit dengan medium speed. Masukkan semua sisa bahan, kocok lagi sebentar, hasilnya creamy dan flufy.
Bahan B di kocok hingga mengental (dengan kenwood speed 2 1/2, kira2 6 menit) dengan hand mixer dengan medium speed, lalu high speed, tempo harus di coba dulu, bisa 20 menit. Campurkan bahan B ke A, aduk rata dengan spatula, lalu masukkan bahan C yang telah di ayak jadi satu Siapkan 2 loyang, masing masing isi dengan 420 gr adonan, ratakan.Sisa adonan, ambil 120 gr, di beri pasta coklat, aduk rata, bersama sisa adonan yang putih di buat marmer, tuang dalam loyang panggang dengan suhu 200 derajat C selama 25 menit. Setelah matang, tumpuk dengan Dark cooking chocolate yang sudah dicairkan (atau pakai apricot jam), yang coklat marmer taruh di tengah.


No comments: